Rabu, 16 Desember 2015

AYO HIDUP SEHAT



Sehat adalah suatu keadaan tubuh dimana sehat rohani, jasmani, dan sosialnya. Dalam arti kata tidak ada satu pun hal yang buruk dalam diri kita. Sehat menurut UU No.3/1961 adalah suatu kondisi yang memungkinkan perkembangan fisik, intelektual, emosional yang optimal dari seseorang dan perkembangan itu berjalan dengan selaras dengan keadaan orang lain. Sehat sebagai suatu spectrum, Pepkins mendefinisikan sehat sebagai keadaan keseimbangan yang dinamis dari badan dan fungsi-fungsinya sebagai hasil penyesuaian yang dinamis terhadap kekuatan-kekuatan yang cenderung menggangunya. Badan seseorang bekerja secara aktif untuk mempertahankan diri agar tetap sehat sehingga kesehatan selalu harus dipertahankan.
Meskipun terdapat banyak pengertian/definisi, konsep sehat adalah tidak standart atau baku serta tidak dapat diterima secara mutlak dan umum. Apa yang dianggap normal oleh seseorang masih mungkin dinilai abnormal oleh orang lain, masing-masing orang/kelompok/masyarakat memiliki patokan tersendiri dalam mengartikan sehat. Banyak orang hidup sehat walau status ekonominya kekurangan, tinggal ditempat yang kumuh dan bising, mereka tidak mengeluh adanya gangguan walau setelah ditimbang berat badanya dibawah normal. Penjelasan ini menunjukan bahwa konsep sehat bersifat relatif yang bervariasi sangat luas antara sesama orang walau dalam satu ruang/wilayah.
            Sakit adalah suatu keadaan tubuh yang mengalami ganguan baik jasmani, rohani, dan sosialnya, yang disebabkan oleh faktor kelalaian, keturunan, dan faktor alam.
1.      Sakit adalah gangguan dalam fungsi normal individu sebagai totalitas termasuk keadaan organisme sebagai sistem biologis dan penyesuaian sosialnya.(Menurut Pemons, 1972).
2.      Sakit adalah sebagai suatu keadaan yang tidak menyenangkan yang menimpa seseorang sehingga seseorang menimbulkan gangguan aktivitas sehari-hari baik itu dalam aktivitas jasmani, rohani dan sosial. (Menurut Perkins).
3.      Sakit sebagai suatu keadaan dari badan atau sebagian dari organ badan dimana fungsinya terganggu atau menyimpang. (Menurut Oxford English Dictionary).
Kesehatan Pribadi
Yang dimaksud dengan kesehatan pribadi adalah segala usaha dan tindakan seseorang untuk menjaga, memelihara dan meningkatkan derajad, kesehatan sendiri dalam batas-batas kemampuannya, supaya mendapatkan kesenangan hidup, dan mempunyai tenaga kerja yang sebaik-baiknya.
     Kesehatan pribadi adalah badan diri seseorang yang bersih dari segala penyakit yaitu berasal dari dalam tubuh manusia maupun luar tubuh manusia tersebut.
Pribadi yang sehat bisa dikatakan sehat bila luar dan dalam tubuh pribadi seseorang itu sudah bersih dari segala penyakit yang dapat mempengaruhi kesehatan pribadi tersebut.
1. Kebersihan kulit
a.      Manfaat kulit
Kulit merupakan pelindung bagi bagian tubuh yang ada di bawahnya. Perlindungan kulit terhadap segala rangsangan dari luar, dan perlindungan tubuh dari bahaya kuman penyakit.
b.      Pemeliharaan kulit
Cara pemeliharaan yang utama bagi kulit, yaitu pembersihan badan dengan cara mandi. Pemeliharaan kulit dilakukan dengan cara mandi dua kali sehari yaitu pagi dan sore.Pemakaian sabun merupakan cara yang ampuh dalam pemeliharaan kulit.
c.       Kulit yang sehat
Kulit yang sehat yaitu kulit yang selalu bersih, halus, tidak bercak – bercak merah, tidak kaku tapi lentur (fleksibel
2.    Kebersihan mata
a.      Manfaat mata
Melalui mata keindahan alam dapat dinikmati, mata merupakan indera yang mampu menerima kesan dari jarak jauh dibanding indera yang lain. Di samping sebagai indera penglihatan mata berfungsi sebagai alat penyampai pesan, pembantu keseimbangan tubuh.
b.      Memelihara mata
Karena mata sebagai indera penglihatan perlu dijaga dan dirawat dengan baik. Pada saat bekerja, belajar maupun membaca hendaknya dengan cahaya yang tidak silau. Terutama bagi anak – anak, memperhatikan cara membaca yaitu jarak dari posisi membaca adalah penting untuk sembuhkan mata dan dianjurkan makan makanan yang banyak mengandung vitamin A, agar terhindar dari penyakit rabun senja. Jarak membaca antara mata dengan buku adalah 30 sentimeter dan jangan membaca sambil tiduran.
c.       Mata yan sehat
Mata yang sehat adalah mata yang dimanfaatkan dapat melihat dengan jelas tidak kemerah – merahan, bulatan hitam pada mata tidak ada bercak – bercak putih berbentuk bulat, kelopak mata tidak berair.
3.      Kebersihan rambut
a.      Manfaat rambut
Dalam kehidupan sehari – hari sering nampak pemakaian alat pelindung lain seperti topi, kain kerudung dan lain – lain. Rambut merupakan pelindung bagi kulit kepala dari sengatan matahari dan hawa dingin. Penampilan akan lebih rapi dan menarik jika rambut dalam keadaan bersih dan sehat
b.      Pemeliharaan rambut
Untuk pemeliharaan rambut dapat ditempuh dengan berbagai cara, namun demikian cara yang tidak boleh dilupakan adalah pencucian rambut. Rambut adalah bagian tubuh yang paling banyak mengandung minyak. Karena itu kotoran, debu, asap mudah melekat, dengan demikian maka pencucian rambut adalah suatu keharusan. Dalam pencucian rambut dapat dimanfaatkan shampo atau sabun mandi yang lunak.
c.    Rambut yang sehat
Rambut yang sehat yaitu tidak mudah rontok dan patah, tidak terlalu berminyak dan terlalu kering serta tidak berketombe.
4.      Kebersihan kuku
a.      Manfaat kuku
Kemanfaatan kuku adalah sebagai pelindung jari, alat kecantikan, senjata pengais, dan pemegang. Bila untuk keindahan bagi wanita karena kuku harus relatif panjang, maka harus di rawat dalam hal kebersihan.
b.      Pemeliharaan kuku
Dengan cara pemotongan ujung kuku sampai beberapa millimeter dari perlekatan antara kuku dan kulit
c.       Kuku yang sehat
Kuku yang sehat adalah kuku yang tumbuhnya baik, kuat, bersih dan memberikan keindahan.
5.    Kebersihan hidung
  1. Manfaat hidung
Hidung sebagai alat pembau, bau yang harum, sedap, anyir, busuk dapat dinikmati Di samping itu hidung bermanfaat untuk saluran udara pernafasan, udara yang masuk mengandung zat asam diambil dari udara luar yang diambil dengan hidung. Sedang udara yang banyak zat asam arang di keluarkan paru – paru dengan hidung, hidung juga pemberi keindahan.
  1. Pemeliharaan hidung
Pemeliharaan hidung dapat dilakukan dengan pemeliharaan kebersihan hidung, karena pemeliharaan hidung sama seperti pada organ – organ tubuh yang lain. Oleh karena itu rambut dalam rongga hidung jangan dicabuti Bila salah satu hidung tersumbat benda yang lunak maupun benda yang keras maka harus dikeluarkan dengan penjepit atau tutuplah lubang yang satu dan kemudian hembuskan udara dari dalam (yang diambil dari mulut).
  1. Hidung yang sehat
Hidung yang sehat adalah lubang pada hidung selalu bersih tidak ada kotoran, rambut – rambut pada hidung tumbuh dengan normal.
6.      Kebersihan telinga
a.      Manfaat telinga
Telinga merupakan alat pendengaran, sehingga bermacam ragam bunyi – bunyi suara dapat di dengar. Di samping sebagai alat pendengaran, telinga juga dapat bermanfaat sebagai alat keseimbangan tubuh. Sehingga manusia dapat berdiri, berjalan dan berlari kencang tanpa kehilangan keseimbangan tubuh.
b.      Pemeliharaan telinga
Pemeliharaan telinga dapat dilakukan dengan pembersihan. yaitu dengan menghindari kebiasaan mengorek telinga dengan jari kotor atau benda tajam karena dapat berakibat sobeknya gendang telinga dan jauhi bunyi-bunyi keras.
c.       Telinga yang sehat
Telinga yang sehat adalah telinga selalu bersih untuk mendengar jelas, telinga bagian luar selalu bersih
7.      Kebersihan mulut dan gigi
  1. Manfaat mulut dan gigi
Makanan sebelum masuk ke dalam perut perlu dihaluskan terlebih dahulu, maka makanan tersebut dihaluskan oleh gigi di dalam rongga mulut. Lidah berperan sebagai pencampur makanan, penempatan makanan agar dapat dikunyah dengan baik, berperan sebagai indera pengecap dan peras.
  1. Pemeliharaan mulut dan gigi
dengan jalan menjaga kebersihan seperti halnya dengan bagian tubuh yang lain, maka mulut dan gigi juga memiliki pemeliharaan yang teratur dan dilakukan sejak kecil. Untuk pertumbuhab gigi yang sehat diperlukan sayur – sayuran yang cukup mineral seperti zat kapur, makanan dalam bentuk buah – buahan yang mengandung vitamin A, atau C yang sangat baik untuk kesehatan gigi dan mulut. Gosok gigi merupakan upaya yang baik untuk memelihara mulut dan gigi dan dilakukan paling sedikit dua kali dalam sehari yaitu pagi dan waktu akan tidur.
  1. Mulut dan gigi yang sehat
Mulut dan gigi yang sehat adalah mulut dan gigi yang selalu bersih, tidak berbau, lidah dan bibir tidak pecah – pecah, gigi tidak berlubang.
8.    Kebersihan pakaian
  1. pemeliharaan pakaian
Dengan cara apabila sudah kotor harus di cuci dengan bersih dan di setrika.
  1. Pakaian yang sehat
Pakaian yang sehat adalah pakaian yang selalu bersih tidak terlalu longgar dan tidak terlalu sempit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar